Tuesday, 3 April 2012

Diposkan oleh sandy

Definisi mengenai Multimedia

o Industri Elektronika: Kombinasi komputer dan Video (Rosch, 1996) atau merupakan kombinasi tiga elemen yaitu suara, gambar dan teks (McCormick, 1996) atau kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat berupa audio, animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin & Linda, 2001).

o Penempatan dalam Konteks (Hofsette, 2001): Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video & animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.


Ada empat komponen penting dari definisi di atas, yaitu sebagai berikut:
1.
Harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, yang berinteraksi dengan kita.
2.
Harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi.
3.
Harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
4.
Multimedia menyediakan tenpat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide sendiri. (M. Suyanto, 2003)


Multimedia dan Ilmu Komputer
Gr
afik, Visualisasi, Komputer vision, Kompresi data, teori graph, Jaringan dan sistem database.

Komponen-komponen dari Multimedia
Multimedia melibatkan bermacam-macam dukungan berupa teks, suara, gambar, animasi dan video. Contoh penggunaan dukungan ini antara lain adalah:
o Video Teleconferencing
o Distribusi pengajar untuk pendidikan besaro Lingkungan pekerja yang co-operatif
o Pencarian dalam database video dan gambar untuk target objek visual
o Penempatan objek realitas grafik komputer dan video ke dalam scenes
o Memasukan suara ke lokasi partisipan video-conference
o Mengembangkan fitur pencarian ke dalam video dan memungkinkan penggunan bitrate tertinggi hingga terendan, pe-skalaan produk-produk multimedia
o Pembuatan komponen multimedia yang dapat di-edit
o Mengembangkan aplikasi yang dapat membuat kembali proses dimana video tersebut dibuat
o Menggunakan voice-recognition untuk membangun lingkungan interaktif.

Penelitian dan Proyek Multimedia
Peneliti-peneliti bidang Ilmu komputer terhadap multimedia, terdiri dari beberapa variasi tema, diantaranya adalah:
1. Pemrosesan dan pengkodean Multimedia: analisis konten (isi) multimedia, keamanan multimedia, pemrosesan, suara/gambar/video, kompresi dan lain-lain.
2. Dukungan sistem multimedia dan jaringan: protokol-protokol jaringan, Internet, sistem operasi, server dan client, kualitas pelayanan (QoS, Quality of Service) dan database
3. Multimedia tools, end-systems dan aplikasi: sistem hypermedia, user interfaces, sistem authoring.

4. Multi-modal interaksi dan Integritas: web-everywhere devices, multimedia education dan design and applications of virtual environments.



0 komentar:

Post a Comment