Monday 5 October 2009

Diposkan oleh sandy

TPA Bantar Gebang semakin hari semakin dipenuhi tumpukan sampah, Gunung sampah itu semakin hari semakin meninggi. Mobil-mobil pengangkut sampah tak henti-hentinya berlalu-lalang keluar masuk lokasi pembangunan sampah di Kecamatan Bantar Gebang, Kota Beka¬si. Semenjak puluhan tahun silam, sampah bagi masyarakat di seki¬tar TPA Bantar Gebang telah menjadikan segalanya berubah. Keberadaan TPA ini dianggap banyak memberikan dampak negatif terhadap warga sekitar bantar gebang.
Mungkin dari sudut ekonomi, tak sedikit juga masyarakat yang diuntungkan dari beroperasinya TPA Bantar Gebang. Sebaliknya, tak sedikit warga yang merasa dirugikan. Bahkan, jika dilihat dari sudut kesehatan, sudah barang tentu tidak ada yang merasa diuntungkan. Hal ini yang banyak dikeluhkan oleh warga seperti beberapa bulan terakhir banyak warga mengeluhkan air dari sumur rumahnya tidak bersih lagi. Menurut warga setempat, hal ini diakibatkan rembesan air yang berasal dari gunung sampah di TPA. Rembesan itu mengkontaminasi air tanah, yang juga banyak digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Tidak hanya itu saja, masyarakat yang didominasi petani padi yang bertani di sekitr TPA selama tiga tahun terakhir ini mengeluhkan menurunnya hasil padinya setiap kali panen yang disebabkan karena adanya lalat dan hama yang ditimbulkan sampah tersebut. Bahkan bila musim hujan datang, warga semakin was-was akan bahaya longsor. Pasalnya, tanah yang menjadi medan tumpukan sampah tak mampu lagi menahan air hujan. Dan jika musim kemarau tiba, sampah akan terbakar dengan sendirinya karena sampah yang berbentuk plastik dan bahan kimia mudah terbakar bila terkena sorotan matahari.
Semua keluhan ini sebaiknya harus segera dipikirkan baik-baik seperti diperlukannya orang-orang yang ahli untuk menangani pengelolaan sampah di TPA Bantar Gebang secara professional, karena tak mudah untuk mengatasi masalah sampah yang sudah menggunung itu tanpa teknologi yang canggih. Tapi masa¬lahnya, tumpukan sampah di TPA Bantar Gebang sudah sulit dipisah¬kan antara jenis organik dan non organik,. Pemerintah seharusnya memberikan perhatian lebih atas masalh ini. agar tempat pembuangan sampah bisa dikelola dengan baik, dan tidak semakin menjadi penumpukan sampah yang menggunung…
Berikut presentasinya :

0 komentar:

Post a Comment