Monday 2 November 2009

Diposkan oleh sandy

     Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam terbesar di dunia. Baik sumber daya alam yang dapat diperbarui maupun yang tidak dapat diperbarui. Hal ini merupakan anugerah yang tak terniliai diberikan oleh Tuhan untuk bangsa Indonesia. Tetapi mengapa di Indonesia masih banyak terjadi masalah kelaparan dan kemiskinan? Seharusnya Indonesia menjadi negara yang terkaya dan termaju di seluruh dunia. Apakah yang menyebabkan semua ini terjadi?


Sumber : www.portalinfaq.org/ img_upld/Busung_Lapar_2.jpg

     Menurut survei sekitar 23,63 juta penduduk Indonesia terancam kelaparan saat ini. Hal ini sungguh memperihatinkan apalagi ancaman kelaparan ini akan semakin berat, dan jumlahnya akan bertambah banyak seiring dengan Mereka yang terancam kelaparan adalah penduduk yang miskin. Ditambah dengan daya beli masyarakat yang rendah, tingkat pendidikan yang rendah, serta kondisi pemukiman dan pelayanan kesehatan yang kurang memadai membuat semakin banyak masyarakat yang tergolong miskin dan terancam kelaparan.

     Sebagai generasi bangsa Indonesia seharusnya kita malu mempunyai masalah seperti ini. Karena dengan adanya masalah ini, menandakan bahwa bangsa Indonesia tidak memiliki rasa persatuan dan persaudaraan antara orang yang satu dengan yang lainnya. Terutama pada masyarakat perkotaan yang hidupnya individual. Mereka hanya mengumpulkan uang untuk diri mereka sendiri dan uang itu akan mereka habiskan untuk kesenangan mereka sendiri. Mereka tidak pernah berpikir bagaimana kehidupan saudara mereka yang lain, terutama di daerah pedesaan. Kehidupan yang selalu serba merasa kurang. Apakah pernah terlintas dipikiran orang-orang itu bahwa banyak orang diluar sana yang kelaparan dan merasa serba kekurangan? Mungkin hanya beberapa dari orang-orang itu yang memiliki pikiran seperti itu.

      Di satu sisi lain, masalah kelaparan ini juga disebabkan oleh oknum pemeritah yang senang melakukan korupsi. Mereka mengambil hak yang seharusnya tidak untuk mereka. Seperti, pemberian uang untuk orang-orang miskin yang tidak tepat pada waktunya karena didepositokan dahulu oleh oknum tersebut. Sehingga orang miskin itu tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri karena mereka tidak mampu membeli keperluan dapur yang sangat mahal akibatnya mereka terserang penyakit busung lapar. Seharusnya oknum pemerintah tersebut harus memberikan panutan yang baik kepada masyarakat Indonesia. Selain itu juga, masalah kelaparan ini disebabkan oleh banyaknya jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun. Sehingga tanah yang digunakan untuk menanam padi semakin menipis karena digunakan untuk membangun perumahan, pertokoan, pabrik,dan lain-lain.

     Melihat masalah ini yang terus-menerus terjadi, kita sebagi generasi penerus bangsa Indonesia harus bekerja keras mengubah Indonesia menjadi negara yang bebas dari kemiskinan, kelaparan, penganguran dan hal-hal negatif yang lainnya. Dengan cara, sebagai seorang mahasiswa kita harus belajar dengan giat agar dapat mengolah semua sumber daya alam dengan baik. Sebagai seorang pemimpin, kita harus memberikan panutan yang baik kepada rakyatnya. Jika kita sebagai rakyat, kita harus saling membantu antara yang satu dengan yang lainnya tanpa membedakan status sosial. Yang paling utama, kita sebagai bangsa Indonesia harus mempererat rasa persatuan dan rasa persaudaraan kita agar tidak terjadi masalah seperti ini lagi.
Berikut presentasinya :


0 komentar:

Post a Comment