Friday 19 February 2010

Diposkan oleh sandy

INDONESIA Negara Kaya loh...

Indonesia dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah, ”Gemah ripah lohjinawe” kata kakek-nenek kita. Indonesia terkenal dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dengan hasil buminya, disamping itu banyak ragam budaya dan adat istiadat masyarakat yang timbul dari beribu-ribu pulau sehingga pemerintah kuwalahan untuk mengaturnya. Jika dilihat dari tampilan beberapa budaya negara tetangga seperti Malaysia, Brunai, Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, Philipina dan negara ASIA lainya, Indonesia jauh lebih kaya. Pulau-pulau besar Indonesia mempunyai akar budaya khas yang tampak perbedaannya, munculnya seni baik seni pertujukan, seni rupa, seni teater, seni sastra sangat beragam. Padahal jika pemerintah mampu mengeluarkan semua isi kekayaan tampilan Indonesia, maka di Asia khususnya negara Indonesialah yang terkaya, dan sukses dengan sendirinya.

Kita akan jatuh miskin…

Ironisnya, berbagai pernyataan tentang betapa kaya Indonesia rupanya justru semakin membuat kita miskin. Lantaran mengira kaya, tampaknya kita jadi terbuai dan malas untuk berbuat sesuatu. Atau, yang tidak kalah buruknya, sebagian orang baik dari dalam maupun luar negeri justru dengan semena-mena melakukan eksploitasi sumberdaya yang sebenarnya sangat rentan terhadap kerusakan tersebut. Akibatnya, sebagian besar hutan kita kini telah rusak parah. Banyak jenis tumbuhan dan satwa kini berada di ambang kepunahan…

Mengapa ??

Namanya juga Indonesia, padahal indonesia ini kekayaan alamnya melimpah, tapi otak manusianya gak bisa untuk berfikir bagaimana caranya untuk mengorganisir semuanya, pantes aja indonesia disebut negara berkembang karen ketergantungan terus sama negara lain,,

Sebenarnya banyak faktor ;

  1. karena,faktor geografis,dimana indonesia terdiri dari pulau2 sehingga sangat membutuhkan dana yg besar sekali untuk menggali kekayaan alam yg ada.
  2. kemudian faktor infrastruktur atau sarana dan prasarana yg minim dibanding negara2 yg maju.
  3. faktor skill atau keahlian orang2 kita masih di bwah negara lain..

Solosinya ??

Untuk itu kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus lebih menyadari potensi yang ada di negara kita ini agar dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin untuk kemajuan bangsa. Sebagai mahasiswa kita harus berusaha dibidang kita masing-masing dalam menggali sumber daya yang kita miliki untuk kepentingan bangsa kita supaya tecipta negar Indonesia yang lebih maju, makmur, sejahtera dan besar di mata dunia..



0 komentar:

Post a Comment