Monday 23 November 2009

Diposkan oleh sandy

      Karena pemanasan global, polusi, hutan yg berkurang, dan pasokan terbatas sumber daya alam, orang menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Sampah di lingkungan yang mempengaruhi udara, air, tanah, hewan, tumbuhan, dan manusia. Apabila kita menggunakan lingkungan sebagai limbah, kita mengambil tanah dari alam liar, polusi lingkungan, dan menguras sumber daya alam. 
      Maka sedikit demi sedikit Alam yang ada disekitar kita akan berubah menjadi tempat yang tak pernah akan kita impikan untuk anak cucu kita nanti, Ada beberapa hal yang ingin saya lakukan seandainya menjadi Menteri Lingkungan Hidup:
      Bagaimanapun lingkungan, hutan, ladang, gunung, lautan kita harus terus dirawat dan dilestarikan, masih banyak yang bisa kita jaga untuk tidak terjadi kerusakan. Kita harus mengajak semua pihak untuk sama-sama memperbaiki dengan cara-cara yang benar, dengan mengubah gaya hidup, mengeluarkan anggaran, kerjasama internasional, dan teknologi untuk mengatasi semua itu.
     Semua orang harus mengurangi emisi karbondioksida, seperti yang kita ketahui “Karbondioksida membuat bumi panas, iklim berubah dan bencana terjadi dimana-mana karena pembakaran bahan bakar yang berasal dari fosil”, solusinya ya mari kita bikin lebih efisien serta dengan membuat kebijakan yang tepat.
        Menyerukan kampanye penanaman pohon ‘one man one tree’, kalau satu orang satu pohon, kita yang memiliki kemampuan sekali tanam pohon 10 atau ada dunia usaha mampu dua ribu maka kita bisa menggantikan yang tidak bisa menanam.

Hal-hal yang harus disosialisasikan pada masyarakat :
1. menanamkan kesadaran total terhadap arti penting sebuah lingkungan. Para elite harus membuka mata lahir dan hati berapa banyak sudah jiwa yang melayang karena ulah kita ingin mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Lingkungan hidup bukan untuk digarap habis untuk kita tapi perhatikan anak cucu kita ke depan.

2. menyadari akibat buruk dari pengrusakan lingkungan. Sudah banyak contoh konkrit di negeri ini akibat kelalaian kita menjaga lingkungan ratusan bahkan ribuan nyawa harus melayang.

3. menumbuhkan semangat cinta lingkungan. Cinta kepada lingkungan harus dibuktikan bukan hanya sebatas slogan, seminar lingkungan hidup di hotel dan sebagainya. Seperti mulailah: membersihkan lingkungan kita dari hal-hal yang kotor. Menjadi masyarakat yang bersih. Rasulullah Saw. bersabda: kebersihan itu sebagian dari iman. Buanglah sampah pada tempatnya dan hijau kan lingkungan kita dengan tanaman tanaman yangmenyejukkan.

4. wujudkan sikap ramah terhadap lingkungan. Seperti daur ulang sampah dengan Pilah Tanam terhadap sampah Rumah Tangga. Selain melestarikan lingkungan juga dapat menambah pendapatan ekonomi keluarga.

5. aktualisasikan“kearifan lokal” (Local Wisdom) dalam mengoptimalkan kembali keperdulian dan pelestarian terhadap lingkungan hidup.

6. tanamkan ke dalam jiwa prinsip “apa yang kita lakukan hari ini adalah untuk anak-cucu kita kelak”.. Dengan semua upaya itu maka negara akan berubah dan itu merupakan wujud dari rasa sayang dan cinta terhadap generasi mendatang.





0 komentar:

Post a Comment